Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
PernahSukses.com

Cara Membersihkan Wajah Yang Ampuh


Kesehatan wajah merupakan hal krusial yang harus dijaga oleh setiap orang, tidak terkecuali bagi para wanita. Membersihkan wajah dengan benar bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga wajah supaya terhindar dari jerawat, komedo, maupun wajah kusam. Hanya saja, cara membersihkan wajah tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, karena bukan malah membuat wajah semakin sehat, justru bisa membuat masalah baru timbul.  

Nah, supaya kamu tidak sampai salah dalam membersihkan wajah, simak ulasan berikut yang akan membahas secara lengkap mengenai cara membersihkan wajah dari permulaan.
Ketahui Jenis Kulit Wajah

Dalam memilih produk pembersih wajah, tentu kamu harus mengenali dulu bagaimana kondisi wajahmu sebenarnya. Mulai dari  kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, kulit berjerawat, kulit sensitif, hingga kulit kombinasi. Semuanya butuh teknik perawatan yang berbeda.
Saat ini, produk pembersih wajah yang beredar di pasaran juga sudah disesuaikan dengan kondisi kulit wajah, dan kamu tinggal memilih mana produk yang cocok dengan kulitmu tersebut. Jika kondisi wajahmu termasuk kulit wajah yang sensitif, pemilihan produk pembersih harus dilakukan dengan lebih hati-hati lagi, karena kulit sensitif membutuhkan perawaan yang lebih ekstra. 

Bersihkan Make-Up Dahulu

Cara membersihkan wajah yang bermake-up tidak bisa disamakan dengan cara membersihkan wajah yang tidak bermake-up. Wajah yang dipenuhi dengan riasan tentunya tidak hanya cukup jika dibersihkan dengan sabun pembersih wajah saja. Hal ini dikarenakan make-up pada wajah terutama make-up yang berlapis-lapis bisa menyumbat pori-pori hingga menimbulkan jerawat. Bahkan, beberapa bahan dari make-up bisa membuat kotoran dan minyak terperangkap dalam kulit wajah. Lebih lanjut, cara membersihkan muka yang dilengkapi dengan make-up bisa disimak sebagai berikut:

Bersihkan Bagian Mata

Langkah pertama cara membersihkan wajah yang bermake-up dimulai dengan membersihkan area mata. Gunakan kapas yang sudah dibasahi dengan make-up remover, kemudian tempelkan pada bagian mata. Tahan selama 20 detik, lalu usap lembut untuk mengangkat make-up. Ulangi langkah-langkah tersebut jika make-up masih belum sempurna terangkat. 

Bersihkan Seluruh Foundation

Dalam membersihkan foundation yang menempel pada wajah, gunakan krim pembersih dan aplikasikan secukupnya pada seluruh bagian wajah. Kemudian, pijat wajah dengan lembut selama kurang lebih 45 detik. Basahi kapas dengan air hangat sedikit saja, lalu usapkan kapas tersebut pada seluruh wajah untuk mengangkat foundation. 

Bersihkan Bagian Bibir

Apabila kamu menggunakan produk lipstick yang waterproof, dibutuhkan make up remover yang berbahan minyak untuk membersihkannya. Pertama, aplikasikan make-up remover atau krim pembersih di bagian bibir untuk beberapa detik. Tempelkan kapas dan usap secara memutar dengan perlahan. Lakukan step ini hingga lipstick pada bibir benar-benar terangkat.
Cuci Muka dengan Sabun Pembersih
Setelah rangkaian proses pembersihan make-up pada wajah telah dilakukan dengan make-up remover, cara membersihkan wajah bermake-up selanjutnya dilakukan dengan mencuci menggunakan sabun pembersih wajah. Langkah ini dilakukan untuk memastikan sisa-sisa minyak pada make-up bisa terangkat dengan sempurna. 

Terapkan Double Cleansing

Double cleansing adalah metode pembersihan wajah dengan dua tahapan.  Cara membersihkan wajah dengan metode double cleansing biasanya diterapkan oleh para wanita yang menggunakan make-up. Langkah-langkahnya tidak jauh beda seperti yang dijelaskan di atas. Pada tahap pertama, gunakan face cleanser oil-based (berbahan dasar minyak). Contoh-contoh produk tersebut diantaranya micellar water, cleansing balm, milk cleanser, dan oil cleanser.
 

Lalu, pada pembersihan tahap kedua dilakukan dengan menggunakan sabun cuci muka atau facial wash. Lebih disarankan untuk memilih sabun cuci muka yang tidak mengandung alkohol dan punya khasiat yang membuat kulit wajah menjadi lebih lembut. Waspadai jika penggunaan sabun wajah membuat kulit menjadi kemerahan atau bahkan perih, karena bisa jadi kulit wajah tidak cocok dengan jenis sabun yang digunakan.

Cara membersihkan wajah dengan double cleansing sebenarnya juga bisa diterapkan bagi kamu yang tidak memakai riasan dan hanya sekadar menggunakan pelembab. Hal ini dikarenakan double cleansing lebih bertujuan untuk mengangkat kotoran-kotoran ada di wajah yang bisa menyumbat pori-pori. Disamping itu, double cleansing juga bermanfaat supaya kondisi kulit lebih siap dalam menyerap skincare yang akan diaplikasikan setelah mencuci muka.

Gunakan Air yang Tak Terlalu Dingin dan Panas

Selama ini, banyak yang mengira jika cara membersihkan muka dengan air panas bisa membantu untuk membuka pori-pori wajah. Selain itu, tidak sedikit juga yang menyarankan untuk menggunakan air dingin karena bisa membantu menyumbat pori-pori. Nyatanya, air yang terlalu panas dan dingin juga tidak baik untuk wajah.
Dikutip dari Healthline, penggunaan air dengan temperatur sedang (tidak terlalu panas atau dingin) justru lebih baik untuk kesehatan wajah. Air yang terlalu panas juga bisa membuat kulit iritasi dan air yang terlalu dingin juga tidak baik untuk kesahatan kulit. Lebih baik untuk memastikan jika air yang digunakan tidak dalam kondisi kotor dan benar-benar bersih. 

Hindari Penggunaan Sabun Batangan

Pernahkan kamu membersihkan wajah dengan sabun mandi atau sabun batangan? Jika iya, kebiasaan tersebut harus segera kamu hindari mengingat sabun mandi tidak secara khusus diformulasikan untuk wajah. Kandungan surfaktan pada sabun mandi yang cukup tinggi, bisa merusak kelembapan dari kulit wajah. Sehingga, membuat kulit wajah cenderung menjadi kering. Dilihat dari fakta tersebut, bila sabun mandi terlalu sering dipakai untuk membersihkan wajah, maka lama kelamaan akan menyebabkan peradangan. 

Hindari Penggunaan Waslap

Salah satu cara membersihkan wajah yang salah dan sering kali dilakukan oleh kebanyakan orang adalah menggunakan bantuan waslap untuk menggosok bagian wajah. Penggunaan waslap saat maupun setelah membersihkan wajah dinilai cukup berisiko terutama untuk permukaan kulit karena teksturnya yang cukup kasar. Disamping itu, bakteri juga rawan berkembang biak di waslap, apalagi jika waslap tersebut tidak rutin dibersihkan. 

Bersihkan Wajah Hingga Leher

Di saat membersihkan wajah, jangan hanya berfokus pada bagian wajah hingga dagu saja. Melainkan bagian leher juga perlu untuk dibersihkan. Bagian leher memang kerap dilupakan, padahal cara membersihkan wajah yang tepat harus dilakukan hingga bagian leher. Terlebih bagian leher tergolong sama sensitifnya dengan wajah, bahkan kotoran juga rawan berkembang di bagian ini. 

Lakukan Eksfoliasi Seminggu Sekali

Eksfoliasi menjadi salah satu cara membersihkan wajah yang tidak boleh dilupakan. Namun, dalam melakukan eksfoliasi tidak boleh terlalu sering dan harus dilakukan setidaknya sekali dalam seminggu. Scrub merupakan contoh produk eksfoliasi yang biasanya ditemukan di pasaran.
Untuk mengaplikasikannya, cukup gunakan secukupnya saja dan usapkan dengan lembut di wajah secara merata selama 30 detik. Setelah itu, baru basuh dengan air bersih. Apabila wajah kebetulan mengalami luka seperti luka bakar atau luka yang terbuka, eksfoliasi sebaiknya tidak dilakukan. Hal tersebut untuk menghindari iritasi berlebih pada wajah. 

Aplikasikan Toner dan Moisturizer

Meskipun penggunaan toner dan moisturizer bukan bagian langsung dari cara membersihkan wajah, tetapi bagian ini tidak bisa dilepaskan karena sangat berfungsi untuk menyeimbangkan kondisi kulit. Toner mempunyai kandungan yang khusus diformulasikan untuk melindungi kulit dari berbagai bakteri dan kotoran. Untuk memakainya cukup aplikasikan sedikit pada kapas, kemudian usapkan di seluruh area wajah secara lembut.
Bukan hanya toner, penggunaan moisturizer dikatakan sangat penting untuk menjaga kelembapan pada wajah setelah dibersihkan. Menggunakan moisturizer juga dipercaya bisa menghindarkan kulit dari kekeringan setelah penggunaan facial wash. 

Tips Tambahan Membersihkan Wajah dan Kesehatan Wajah

Setelah mengetahui cara-cara membersihkan wajah yang tepat, masih ada beberapa tips tambahan yang perlu diaplikasikan dalam membersihkan wajah. Beberapa tips tersebut selengkapnya dapat kamu simak di bawah ini. 

Cukup Dua Kali Sehari Dalam Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah terlalu sering ternyata tidak membuat wajah semakin sehat. Justru akan membuat lapisan minyak dalam kulit semakin terkikis. Akibatnya, kulit wajah terasa kering, gatal, bahkan bisa mengelupas. Normalnya, membersihkan wajah harus dilakukan 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan malam hari. Hal tersebut untuk melindungi supaya lapisan pelindung kulit wajah tetap terjaga dan terhindari dari bahaya iritasi serta peradangan. 

Jangan Melewatkan Rutinitas Membersihkan Wajah di Malam Hari

Kondisi badan yang sudah cukup lelah di malam hari biasanya membuat kamu jadi semakin malas untuk membersihkan wajah bukan? Nah, hal ini sebenarnya sangat tidak disarankan karena akan berdampak buruk bagi kulitmu, apalagi jika kulitmu dalam kondisi dipenuhi make-up. Usahakan untuk tetap mencuci muka sesuai dengan tahapan cara membersihkan wajah yang benar untuk menghindari munculnya jerawat, komedo, iritasi, hingga merusak sel kulit pada wajah.
Gunakan Handuk Khusus
Setelah membersihkan wajah dengan sabun cuci, gunakanlah handuk kering yang bersih untuk mengeringkan wajah. Namun, handuk yang digunakan setidaknya harus handuk khusus yang hanya dipakai untuk membersihkan wajah. Handuk juga harus dicuci secara rutin untuk menghindarkan dari tumpukan bakteri yang bisa mengganggu kesehatan wajah. 

Secara Rutin Mengganti Sarung Bantal, Guling, Sprei Kasur

Sarung bantal, guling, serta kasur secara tidak langsung juga memengaruhi kesehatan wajah. Segala jenis kuman, bakteri, dan jamur bisa muncul pada seprei maupun sarung bantal dan guling yang tidak diganti secara rutin. Apabila kuman tersebut mengenai wajahmu, masalah-masalah baru akan timbul seperti munculnya jerawat, iritasi kulit, dan infeksi jamur. Jadi, jangan sepelekan hal ini untuk mendukung kulit wajahmu tetap sehat dan terhindar dari masalah kulit. 

Rajin Mengonsumsi Air

Minum air putih ternyata secara tidak langsung juga berdampak untuk kesehatan wajahmu. Manfaat tersebut diantaranya bisa menjaga kelembapan kulit, memulihkan kulit dari sunburn, menghambat penuaan dini, hingga menghambat munculnya jerawat. Melihat manfaat-manfaat tersebut, mengonsumsi air secara cukup dan dibarengi dengan cara membersihkan muka yang tepat akan membuatmu semakin sehat dan bercahaya. 

Nah, bagaimana sudah jelas bukan penjelasan mengenai cara membersihkan wajah di atas? Dengan menerapkan cara membersihkan wajah yang tepat, kulit wajahmu tentu akan semakin terawat dan terhindari dari jerawat.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Wajah Yang Ampuh"

Destinasi Wisata Populer Di Bandung
Cara Membuat Es Nutrijel Kelapa Muda Imitasi Di Rumah
Cara Membuat Nutrijel Strawberry Yakult Enak