Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
PernahSukses.com

Cara Paling Ampuh Menghilangkan Sakit Maag Yang Sering Muncul Tiba-Tiba

 

Anastasia Gepp from Pixabay

Penyakit maag merupakan penyakit yang paling banyak diderita di era sekarang ini. Maag dapat menyerang siapapun dan kapanpun. Penyebabnyapun beragam, salah satunya pola makan yang tidak teratur dan gaya hidup yang tidak sehat.

Banyak orang menyepelekan penyakit ini karena saking banyaknya orang yang mengidap maag. Namun jika dibiarkan berlarut-larut, bukan tidak mungkin keadaannya akan semakin buruk dan bahkan merusak organ vital lain akibat naiknya asam lambung.

Baca juga: 27 Tips Kesehatan dan Nutrisi yang Baik Bagi Tubuh

Sama seperti penyakit mematikan ainnya, maag juga bisa menjadi penyakit mematikan bagi penderitanya. Maka dari itu, kita harus segera mencari bantuan medis jika mengalami gejala maag yang sampai menyebabkan masalah berikut:


  • Sesak nafas

  • Susah bernafas

  • Keringat mengucur deras

  • Nyeri dada yang menjalar sampai ke rahang, leher, atau lengan

  • Dada terasa nyeri saat beraktifitas ataupun saat mengalami stress

Penyebab

Selain gaya hidup yang tidak sehat, penyebab maag juga bisa terjadi akibat beragam penyakit seperti refluks asam lambung, grastitis, nfeksi lambung, tkak lambung, kangker perut, dan penyakit celiac. Sembelit dan obesitas juga bisa berkontribusi sebagai penyebab penyakit maag.

Selain hal-hal diatas, dibawah ini juga terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan penyakit maag seperti:

  • Porsi makan yang terlalu banyak

  • Makan terlalu cepat

  • Terlalu sering makan makanan pedas dan asin

  • Terlalu sering minum minuman beralkohol

  • Banyak minum minuman berkafein seperti kopi, teh, dan coklat

  • Gemar minum minuman bersoda dan berkarbonasi lainnya

  • Merokok

  • Kecemasan dan stress

  • Kebasaan makan mendekati waktu tidur

Cara Mengatasi Maag yang Paling Ampuh dan Cepat

Maag merupakan sekumpulan gejala yang meliputa perut mulas, mulas, kembung, yang disertai sensasi panas dari dada hingga tenggorokan. Gejalanya dapat muncul akibat naiknya asam lambung atau menandakan adanya iritasi lapisan perut, baik itu akibat bakteri ataupun peradangan.

Anda bisa mengobati gejala penyakit maag dengan mengatur pola makan seperti:

1. Makan Porsi Sedikit tapi Sering

Cara mengatasi maag yang bisa dilakukan pertama kali adalah usahakan untuk makan tepat waktu dalam porsi yang lebih kecil agar Anda bisa makan lebih sering.
Pastikan juga Anda makan perlahan dan kunyah makanan dengan baik. Hal ini cukup ampuh untuk mengatasi maag karena dengan begitu Anda bisa menghindari kenaikan asam lambung akibat lama tidak terisi makanan.

2. Jangan Langsung Berbaring Setelah Makan

Agar cara mengatasi maag diatas lebih efektif, usahakan beri jeda waktu 2 sampai 3 jam sebelum Anda pergi tidur setelah makan. Tujuannya, agar asam lambung yang diproduksi setelah makan tidak naik ke kerongkongan dan membuat maag Anda kumat.

Namun, jangan gunakan waktu luang tersebut untuk bergerak aktif seperti melompat karena hal ini juga dapat menyebabkan kambuhnya gejala maag. Sebagai gantinya, manfaatkan waktu luang ini untuk berjalan santai agar gerakan usus jadi lebih lancar dalam mencerna makanan dan tentunya mencegah asam naik melewati perut.

3. Batasi Konsumsi Makn Pedas, Asam, dan Berlemak

Makanan pedas yang mengandung capsaicin bisa mengiritasi lapisan perut atau lambung yang sudah terluka. Begitu juga dengan asam, yang menciptakan lingkungan di dalam perut menjadi lebih asam.

Sementara makanan gurih cenderung digoreng dan asin, lebih lama dicerna di perut karena tinggi lemak. Semua itu dapat memicu munculnya gejala maag, bahkan memperburuknya.

Perbanyaklah konsumsi buah-buahan manis berair, seperti melon atau pisang dan sayur-sayuran hijau.

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Probiotik

Sebagai penderita maag, Anda perlu menghindari makanan tertentu. Akan tetapi, Anda juga dianjurkan untuk meningkatkan asupan makanan berprobiotik. Ini dijadikan sebagai cara mengatasi maag karena makanan ini mengandung bakteri yang mirip dengan bakteri baik di usus.

Pilihan makanan yang mengandung probiotik yang aman dikonsumsi orang dengan masalah maag, antara lain adalah yogurt rendah gula dan tempe.

5. Minum Teh Herbal

Di samping minum obat dari apotek, cara ampuh lain yang bisa membantu Anda mengatasi maag adalah minum teh herbal. Teh ini tidak seperti teh yang biasa Anda buat karena bahan-bahan yang digunakan adalah jahe atau chamomile kering.

Cara menyajikannya yakni merebus air dengan potongan jahe atau beberapa sendok makan chamomile. Setelah airnya mendidih, saring, dan sajikan dalam gelas. Anda bisa menikmati rebusan air jahe atau teh chamomile ini secara langsung.

Bisa juga dengan menambahkan madu agar rasanya lebih enak dan mual serta mulas yang Anda rasakan perlahan akan hilang.

6. Istirahat yang Cukup

Salah satu cara mengatasi maag yang paling jitu adalah cukup istirahat. Pasalnya, terlalu memaksakan diri untuk terus bekerja saat maag terjadi, bisa membuat gejalanya jadi bertambah parah.

Hentikan semua aktivitas yang sedang Anda lakukan sejenak atau istirahat sampai kondisi tubuh Anda pulih kembali. Istirahat dapat mengurangi stres, yakni pemicu maag.

7. Hentikan Kebiasaan Merokok

Jika Anda seorang perokok, sangat dianjurkan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. Selain menyebabkan berbagai masalah pernapasan, merokok juga bisa memicu naiknya asam lambung sehingga memicu kumatnya gejala maag.

Walaupun Anda sudah menjaga pola makan dengan baik, jika Anda masih merokok, gejala maag tetap bisa kambuh. Itulah sebabnya, menghentikan kebiasaan merokok menjadi cara untuk mengobati sekaligus mengatasi maag.

Baca juga: 5 Makanan Yang Mampu Meningkatkan Imunitas

Berhenti merokok tentu akan menyulitkan karena tubuh mengalami penarikan nikotin dan zat-zat lain secara mendadak. Oleh karena itu, lakukan cara ini secara perlahan dengan mengurangi jumlah asupan rokok per harinya.

Posting Komentar untuk "Cara Paling Ampuh Menghilangkan Sakit Maag Yang Sering Muncul Tiba-Tiba"

Destinasi Wisata Populer Di Bandung
Cara Membuat Es Nutrijel Kelapa Muda Imitasi Di Rumah
Cara Membuat Nutrijel Strawberry Yakult Enak