Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
PernahSukses.com

6 Manfaat Lemon Untuk Perawatan Kecantikan

Image by Ulrike Leone from Pixabay

Biasanya, kita menggunakan lemon untuk membuat minuman segar atau pelengkap bumbu masakan, tapi tahukah Sahabat Sukses bahwa lemon juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan?


Lemon memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung vitamin dan mineral. Sahabat Sukses mungkin sudah menggunakannya untuk membuat minuman segar, atau mungkin Sahabat Sukses menggunakan lemon untuk memasak hidangan favorit kalian. Tapi lemon juga bisa digunakan sebagai produk kecantikan. Lemon bisa membuat keajaiban dari kulit sampai rambut.

Berikut 6 manfaat lemon bagi kecantikan:

1. Memudarkan Bekas Luka

Lemon dapat membantu memudarkan bekas luka bahkan pada wajah sekalipun. Satu-satunya yang Sahabat Sukses butuhkan adalah lemon dan kapas. Taruh perasan lemon di atas kapas dan oleskan beberapa kali pada bekas luka. Biarkan sebentar lalu bilas wajah dengan air dingin. Menurut para ahli, ini tidak hanya membantu mengurangi dan memudarkan bekas luka, tetapi juga dapat membantu dalam proses penyembuhan kulit.

Baca juga: 5 Makanan Yang Mampu Meningkatkan Imunitas Tubuh

2. Membersihkan Kulit

Lemon memiliki efek pembersihan pada kulit karena mengandung banyak vitamin. Gunakan perasan lemon untuk membantu menghilangkan bintik-bintik dan jerawat. Oleskan perasan lemon pada flek, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air dingin. Kalian akan melihat perbedaan dalam waktu singkat dan flek-flek hitam akan hilang!

3. Rambut Lebih Ringan dan Bersinar

Sahabat Sukses tidak perlu lagi pergi ke salon untuk mendapatkan rambut yang bersinar. Kalian bisa melakukannya sendiri dengan bantuan lemon! Lapisi rambut dengan perasan lemon dan berjemur sekitar satu jam. Air lemon akan membuat rambut menjadi lebih ringan. Pastikan Sahabat Sukses mandi setelah satu jam di bawah sinar matahari untuk mencuci air lemon yang sudah mengering.

4. Menghilangkan Ketombe

Lemon bisa menjadi penyelamat ketika kalian memiliki ketombe atau bahkan kulit kepala yang kering. Buat campuran perasan lemon, air, minyak zaitun, dan jahe. Gosokkan campuran tersebut pada kulit kepala secara merata dan biarkan kulit menyerap campuran itu sampai kulit kepala terasa kering saat disentuh. Kemudian, cuci kepala menggunakan shampo maka ketombe akan berkurang bahkan hilang sama sekali.

5. Membuat Scrub

Pernahkah Sahabat Sukses memperhatikan garis-garis kering di kaki kalian? Jangan dibiarkan! Pakai scrub lemon! Campurkan perasan lemon dengan garam laut dan gosokkan pada kaki yang kering. Jika Sahabat Sukses merasa garam laut terlalu kasar untuk kulit, kalian bisa menggunakan gula merah sebagai penggantinya. Lulur menjadi sedikit lebih lembut dengan gula merah. Lulur gula dan lemon ini tidak hanya bagus untuk kaki, tetapi juga bagus untuk digunakan di bibir yang kering.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

6. Menguatkan Kuku

Jus lemon juga sangat baik untuk kuku. Buat campuran minyak zaitun dan perasan lemon. Rendam kuku ke dalam campuran tersebut selama lima belas menit setiap hari selama beberapa hari. Kuku kalian akan lebih kuat juga memiliki warna yang lebih alami.

Nah itulah 6 manfaat lemon, semoga dapat membantu

2 komentar untuk "6 Manfaat Lemon Untuk Perawatan Kecantikan"

Destinasi Wisata Populer Di Bandung
Cara Membuat Es Nutrijel Kelapa Muda Imitasi Di Rumah
Cara Membuat Nutrijel Strawberry Yakult Enak